Daftar Kuliner di Semarang, Terkenal Paling Enak dan Wajib Dicoba

bisnis

Wisata kuliner merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tidak boleh ditinggalkan, terutama ketika anda berada di Semarang. Anda wajib mencoba beberapa daftar kuliner di Semarang. Terlebih bagi anda yang memang senang mencicipi beraneka ragam macam makanan dan memiliki lidah yang toleran terhadap semua rasa.

Daftar Kuliner di Semarang

Semarang yang merupakan ibukota Jawa Tengah pun tak ingin ketinggalan untuk menyajikan beragam pilihan makanan yang akan menggoyang lidah anda. Perpaduan rasa antara Jawa, China, dan Arab disajikan dalam satu sajian yang membuat indra pengecapan pun merasa sangat puas.
Kota Semarang selama ini lebih dikenal banyak orang dengan julukan Kota Lumpia. Padahal, sebenarnya masih banyak lagi kuliner di Semarang yang menarik untuk dicicipi.
Jika anda sedang berada di Semarang dan ingin berburu kuliner di sana, anda tidak perlu merasa bingung. Di bawah ini ulasan mengenai daftar kuliner di Semarang apa saja yang bisa anda coba.

1. Loempia Gang Lombok

Kuliner tradisional Semarang ini harus berada di urutan paling atas makanan yang akan anda coba. Sebab lumpia dan Kota Semarang bagaikan sahabat karib yang tak bisa terpisahkan, hal ini yang membuat Semarang memiliki julukan Kota Lumpia.
Tempat wisata kuliner ini merupakan gerai tertua yang menjual lumpia di Semarang. Disini lumpia disajikan dalam 2 jenis, yaitu lumpia basah dan juga lumpia goreng.
Lumpia itu sendiri memiliki isian yang terdiri dari rebung dan saus petis, sehingga membuat rasa khas Semarang semakin melekat. Namun ditempat ini varian isinya lebih beragam, seperti isi udang dan ayam.
Bagi anda yang akan membawa salah satu daftar kuliner di Semarang ini sebagai oleh-oleh, tidak perlu khawatir. Sebab, lumpia disini dapat tahan selama 3 hari untuk lumpia goreng. Sedangkan untuk lumpia basah, hanya bisa bertahan selama 1 hari.
Semua lumpia yang ada disini dibuat secara alami atau tanpa menggunakan bahan pengawet. Mengenai cita rasa lumpia ini, keasliannya masih sangat terjaga karena dibuat secara tradisional

BACA JUGA :   List Wisata Makan di Semarang, Terkenal Paling Enak Dan Anda Wajib Mencoba Ketika Plesiran ke Semarang

2. Warung Mangut Welut Hj. Nasimah

Di warung ini, mangut diolah dari berbagai bahan mulai dari belut, ikan pari, hingga kepala ikan manyung. Mangut adalah salah satu kuliner khas Semarang yang terdiri dari gulai encer yang memiliki cita rasa sangat pedas.
Warung yang lebih dikenal dengan nama Warung Nasimah ini sudah berdiri sejak tahun 1980. Sebelumnya, menu awal di warung ini hanya berupa daging manyung dan kepala ikan. Namun, akhirnya pelanggan memberikan saran untuk membuat menu makan dengan rasa pedas dan pemilik warung membuat salah satu daftar kuliner di Semarang yaitu menu mangut ini.
Perpaduan cita rasa yang pedas dan juga pencampuran antara kuah bumbu mangut dengan daging belut membuat mangut belut menjadi primadona dari menu lainnya. Sebab, banyak pelanggan yang merasa ketagihan dengan kuah mangut Warung Nasimah ini.

3. Soto Bangkong

Soto Bangkok adalah soto ayam kampung khas Kota Semarang. Nama tempat makan ini terinspirasi dari perempatan jalan tempat warung soto ini berdiri. Konon kabarnya, perempatan ini dulu terdapat banyak kodok sehingga banyak pelanggan yang menyebut warung ini sebagai Soto Bangkong (kodok dalam bahasa jawa).
Di warung soto ini, rasa soto mempunyai ras autentik dari kecap yang hanya diproduksi oleh sang pemilik warung. Tak hanya itu, penggunaan daging ayam kampung membuat salah satu daftar kuliner di Semarang ini terasa semakin gurih dan juga lebih enak.
Soto Bangkong ini mempunyai tampilan bening dengan isian mie soun, tauge, tomat, serta irisan daging sapi daging ayam kampung lembut dan melimpah. Anda akan merasakan cita rasa yang gurih dan segar karena sangat pas perpaduan isinya.
Sebagai informasi saja, warung soto ini awalnya hanya berada di Semarang. Namun kini sudah membuka cabang di daerah Jakarta. Soto Bangkong yang berada di Jakarta ini terletak di kawasan Pakubuwono dan Kelapa Gading.

BACA JUGA :   5 Lebih Tempat Wisata Makan di Semarang, Ternama Paling Enak Dan Kamu Wajib Mencoba Saat Berwisata ke Semarang

4. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Sesuai dengan namanya, nasi goreng disini tersaji dengan tambahan empuknya daging babat. Nasi goreng babat disini memiliki cita rasa pedas manis serta sensasi gurih yang berasal dari tambahan potongan kecil babat seperti usus sapi.
Warung ini mempunyai keunikan dari nasi goreng babat lainnya, yaitu dengan menggunakan telur bebek pada campuran nasi gorengnya. Pasti salah satu daftar kuliner di Semarang ini akan menggiurkan lidah anda.
Menurut sekian banyak pecinta kuliner nasi goreng babat, warung nasi goreng Pak Taman masih melekat kuat di hati mereka. Tentu sudah terbayang bagaimana enaknya nasi goreng babat disini.
Kalau anda ingin berkunjung kesini untuk mencoba nasi goreng babatnya, harus datang di waktu yang tepat. Anda harus menghindari jam-jam ramai pengunjung, seperti saat jam makan siang.

5. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul ini sendiri sebenarnya merupakan kuliner khas Pati, Jawa Tengah. Namun, ternyata Nasi Gandul ini banyak tersedia di Semarang dan yang paling terkenal adalah Nasi Gandul Pak Memet.
Olahan nasi hangat yang dilengkapi dengan lauk (daging sapi dan jeroan sapi) dan kuah santan khasnya, juga disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Penggunaan daun pisang merupakan ciri khas nasi gandul dan juga kan menambah harum. Ternyata pelanggan yang datang untuk mencoba salah satu daftar kuliner di Semarang ini, biasanya akan menambah porsi sebanyak 2 sampai tiga porsi.

6. Toko Oen

Makanan yang dijual disini sangat beraneka ragam, mulai dari es krim sampai makanan berat. Toko ini sendiri bermula di Kota Yogyakarta pada tahun 1910, kemudian berkembang ke Semarang pada tahun 1935. Toko yang mempunyai nuansa kental dengan zaman kolonial ini menawarkan menu utama yaitu bistik lidah dan menu indonesia berupa nasi goreng.
Selain makanan berat, disini anda bisa mencicipi kue kering legendaris Toko Oen yang cocok dijadikan cemilan dan oleh oleh untuk keluarga di rumah. Selain itu, anda dapat menikmati dinginnya es krim yang dibuat dengan menggunakan mesin dari Italia tahun 1920-an.

BACA JUGA :   Pilihan Wisata Makan di Semarang, Termasyur Paling Enak Dan Kalian Wajib Mencobanya Saat Plesiran ke Semarang

7. Lekker Paimo

Daftar kuliner di Semarang selanjutnya adalah Lekker Paimo yang mempunyai keunikan dari lekker lainnya. Keunikan tersebut berupa varian rasa lekker yang menyajikan gurih asin yang berasal dari bahan keju mozarella dan sosis.
Tidak perlu khawatir, karena disini juga menjual varian manisnya untuk anda pecinta makanan manis. Nama warung ini terinspirasi dari nama pemiliknya, yaitu Pak Paimo. Bapak ini sendiri sering menjadi bahan perbincangan para pecinta kuliner Semarang.

8. Tahu Gimbal Pak Eddy

Asal mula kata gimbal berasal dari sebutan udang oleh masyarakat Semarang. Tahu gimbal ini merupakan makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang yang menjadi bahan utamanya. Anda bisa memesan tahu gimbal ini dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda, sehingga anda bisa menyesuaikan sendiri.
Adonan bakwan yang dicampur dengan udang dan tahu itu dipotong kecil-kecil, setelah itu disiram dengan saus kacang. Tak hanya itu, tahu gimbal ini dilengkapi dengan irisan kol, lontong, telur, dan kubis sebagai penambah kenikmatan. Tahu gimbal ini sangat terkenal, bahkan ada wisatawan asing yang mencobanya.

Sebenarnya masih banyak lagi daftar kuliner di Semarang yang bisa anda coba. Tak ada salahnya mencoba beberapa kuliner di atas ketika anda berada di Semarang. Mungkin disana anda akan menemukan makanan yang sebelumnya belum pernah anda dengan atau coba sama sekali.

avatar admin sewa hiace semarang
travelhiace

Rental/Sewa Hiace di Semarang ya Nakula Travel. Nakula Travel Penyedia Jasa Sewa Mobil Hiace di Semarang. Tidak hanya mobil Hiace, Nakula Travel juga menyewakan mobil: Innova Reborn, Honda Brio, Honda Mobilio, Xenia, Avanza, dan Sigra. Telepon/WA/SMS: 0812-2840-288